SOSIALISASI BAGI PEMILIH PEMULA PILGUB JATENG DAN PILBUP TEMANGGUNG 2013

KPU Kabupaten Temanggung, dalam rangka sukses Pemilu Gubernur Jawa Tengah dan Pemilu Bupati Temanggung Tahun 2013, menggelar SOSIALISASI BAGI PEMILIH PEMULA di Graha Bumi Phala, Selasa  12 Februari 2013.

Dalam acara sosialisasi ini, hadir sekitar 500 peserta yang terdiri dari unsur FKPD, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala  Kantor Kementrian Agama, Ketua MKKS SMA  Kabupaten Temanggung, Ketua MKKS SMK  Kabupaten Temanggung dan perwakilan dari siswa 50 sekolah di Kabupaten Temanggung serat tamu undangan yang lain.

Sosialisasi diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonsia Raya, Laporan Penyelenggaraan oleh Sekretaris KPU, Sambutan Ketua KPU, Sambutan Bupati Temanggung, Penyerahan Hadiah Lomba Majalah Dinding Tingkat SMTA, Do’a dan dilanjutkan dengan pagelaran Wayang Kampung Sebelah.

Dalam sambutanya Ketua KPU, Drs. Sujatmiko, MPA. menyampaikan secara garis besar tahapan Pemilukada di Temanggung dan  arti pentingnya peran pemilih pemula dalam kehidupan demokrasi. Pemilih pemula mempunyai pengaruh yang besar terhadap kehidupan demokrasi, hal ini dikarenakan pemilihnya akan terus bertambah dan potensi daya kritis mereka akan menentukan hasil pemilu. Ketua KPU juga menghimbau agar para pemilih pemula berperan aktif dalam penyelenggaraan Pemilukada  di Temanggung serta menggunakan hak pilihnya secara cerdas. Dalam kesempatan ini KPU juga berharap dengan adanya sosialisasi ini akan mampu menumbuhkan kesadaran berpolitik sejak dini bagi pemilih pemula, mampu menjadi actor politik dalam lingkup pemilih pemula, memahami hak dan kewajiban politik sebagai warga Negara yang baik dan secara bijak mampu menentukan sikap dan aktifitas politiknya.

Bapak Bupati Temanggung yang diwakili oleh Assisten I Sekda, dalam sambutanya menyampaikan bagaimana peranan pemilih pemula dalam Pemilukada Kabupaten Temanggung. Diharapkan pemilih pemula harus lebih aktif tidak hanya menunggu dan menjadi penonton dalam pesta demokrasi karena meraka akan menjadi tumpuan Temanggung kedepan. Sebagai pemilih pemula yang baru pertama kali mencoblos  harus bisa terlaksana dengan baik agar punya persepsi positif dalam pesta demokrasi. Selain itu Bapak Bupati  juga menghimbau agar para pemilih pemula tidak mudah diintervensi dan dipengaruhi oleh fihak manapun, jangan tergiur oleh many politik, berdo’a sebelum memilih agar pilihannya sesuai dengan kehendak Tuhan serta berpartisipasi aktif dalam tahapan pemilu  agar pemilukada Temanggung sukses  sehingga dana yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Sebagai media lain dalam penyampaian materi, sosialisasi pemilih pemula kali ini  KPU juga menggelar WAYANG KAMPUNG SEBELAH oleh Ki Jliteng dari Solo. Selain sebagai daya tarik agar sosialisasi lebih mudah dimengerti dan diingat,  juga akan menumbuhkan kreatifitas bagi anak-anak untuk berkarya. Pelaksanaan sosialisasi pemilih pemula berjalan dengan lancar, tertib dan sukses karena dilihat dari mulai dibuka sampai berakhirnya acara peserta sosialisasi secara antusias mengikuti jalanya acara.

Selain Sosialisasi bagi pemilih pemula juga dilaksanakan pengumuman pemenang dan pembagian hadiah Lomba Majalah Dinding Tingkat SMTA tentang kepemiluan. Sebagai pemenang selain mendapatkan piala, uang pembinaan juga piagam dari KPU Kabupaten Temanggung sebagai penyelenggara lomba.

Peserta sosialisasi pemilih pemula

Seluruh peserta sosialisasi dan tamu undangan saat menyanyikan lagu Indonesia Raya

Penyampaian laporan penyelenggara oleh Sekretaris KPU Drs. Kadaryono

Sambutan oleh Ketua KPU Kab.Temanggung Drs. Sujatmiko, MPA

Sambutan Bupati temanggung yang disampaikan oleh asisten I Sekda

Penyerahan hadiah kepada salah satu juara favorit

Penyerahan hadiah kepada salah satu pemenang lomba mading

para pemenang lomba mading juara 1, 2 dan 3

Pagelaran wayang kampung sebelah oleh ki jliteng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *