BEKERJA SAMA DENGAN BNN KOMISI PEMILIHAN UMUM KAB. TEMANGGUNG LAKUKAN TES NARKOBA

tes urinPelaksanaan Tes Narkoba yang dilaksanakan di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung pada hari Selasa 25 Oktober2016 ini diikuti 29 orang terdiri atas Komisioner ( 5 orang ) dan Sekretariat ( 24 orang ) untuk di ambil sampel urine. Kegiatan yang merujuk kerjasama antara Komisi Pemilihan Umum dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Temanggung ini diharapkan sebagai upaya Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung untuk menciptakan Penyelenggara Pemilu yang bersih dari Narkoba.

Dalam pengarahanya Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung ( Drs. Sujatmiko, MPA ) berharap tes Narkoba dapat diikuti seluruh Jajaran Komisioner dan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung terkecuali yang sedang sakit, selain upaya pencegahan, juga untuk menyiapkan bahwa penyelenggara Pemilu di Kabupaten Temanggung kontinue menjadi Penyelenggara Pemilu yang yang bersih dari Narkoba. Sangat ironi jika mengisyaratkan bebas Narkoba bagi Calon ( Pileg dan Pemilukada ) sementara penyelenggara Pemilu sendiri tidak bebas Narkoba, mengakhiri sambutanya Drs. Sujatmiko, MPA juga berharap kerjasama ini tidak hanya sampai pada kegiatan semacam ini namun juga nanti pada saat pemeriksaan Narkoba bagi Calon Bupati /Wakil Bupati pada Pemilukada 2018 yang akan datang juga berjalan dengan baik.

Pada kesempatan yang sama Kepala BNN Kabupaten Temanggung ( Drs. Istantiono ) berpesan agar semangat pencegahan terhadap penyalahgunaan Narkoba ini senantiasa digalakkan untuk menciptakan Penyelenggara Pemilu yang bersih dan bermartabat.

IMG_5871

IMG_5897

KPU TEMANGGUNG MENGIKUTI DIKLAT KEARSIPAN

2016-10-27-PHOTO-000000142016-10-27-PHOTO-00000011Diklat Teknis Kearsipan yang diselenggarakan oleh Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi Kabupaten Temanggung selama 3 hari mulai tanggal 18 s/d 20 Oktober 2016 ini diikuti oleh seluruh SKPD dan Dinas Instansi Vertikal yang ada di Kabupaten Temanggung termasuk KPU Kabupaten Temanggung. Dalam kegiatan ini KPU Kabupaten Temanggung mengirimkan salah satu  stafnya  ( Nurahma Yuliani, SE) yang menangani masalah kearsipan dan perpustakaan di Sekretariat KPU Kabupaten Temanggung.

Dengan adanya Diklat/Bimbingan Teknis ini, selain memberikan nilai tambah dalam pengelolaan Arsip dan Perpustakaan juga meningkatkan SDM bagi pengelolanya. Beberapa materi yang sangat penting dalam kegiatan ini antara lain Penulisan Surat, Tata Naskah Surat Dinas, Sosialisasi UU No. 4 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Penataan Berkas, Pengelolaan Arsip serta Penyusunan Arsip.

Untuk melihat implementasi pengeloaan arsip ini, pada hari terakhir dilaksanakan study lapangan di Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi Propinsi Jawa Tengah di Semarang.

 

PEREMPUAN DAN POLITIK (merespon tindakan afirmatif)

IMG_4705   IMG_5670

Tindakan-tindakan brutal mulai dari bullying, pembegalan, perampokan, pelecehan  seksual, kekerasan dalam  rumah tangga, hingga pembunuhan, setiap hari menghiasi  halaman surat kabar maupun  media elektronik. Sederet tindakan tersebut sebagian besar memposisikan perempuan, lansia, dan anak-anak sebagai korban. Pemerintah bukan tidak memberikan perhatian terhadap persoalan tersebut, tetapi rupa-rupanya masih membutuhkan penanganan yang lebih serius agar tidak menelan korban lebih banyak.

Sebagaimana dikatakan Frene Ginwala bahwa benih demokrasi bersemayam dalam asas bahwa legitimasi kekuasaan untuk membuat keputusan mengenai kehidupan orang, masyarakat dan negaranya haruslah berasal dari suatu pilihan yang dibuat oleh mereka yang akan dipengaruhinya. Ini berarti persoalan-persoalan yang menyangkut perempuan mestinya penyelesaiannya berasal dari perempuan itu sendiri. Oleh karena itu partisipasi politik perempuan haruslah ditingkatkan.

Dalam kaitannya dengan hal di atas, bentuk partisipasi politik yang efektif untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah adalah melalui   keterwakilan perempuan  di dalam lembaga perwakilan. Sayangnya realisasi keterwakilan perempuan di sebagian besar DPRD kabupaten/kota dan  DPRD provinsi masih jauh dari harapan, bahkan ditingkat pusat pun dari Pemilu ke Pemilu tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Itulah beberapa hal penting yang disampaikan Arimurti mewakili  KPU Kabupaten Temanggung mengawali sosialisasi Politik dan Perempuan untuk pengurus dan anggota GOW Kabupaten Temanggung. Kurang lebih 100 orang  perwakilan dari berbagai organisasi perempuan di bawah naungan GOW antusias mengikuti sosialisasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan  di Gedung PKK Kabupaten Temanggung  pada tanggal  7 Oktober 2016.

Arimurti menegaskan bahwa dari sisi legislasi (UU Partai Politik dan UU Pemilu) sebagai bentuk tindakan afirmatif sudah memberikan peluang yang lebih besar untuk dapat mewujudkan keterwakilan perempuan. Hal itu ditunjukkan diantaranya dalam  ketentuan sekurang-kurangnya 30% keterwakilan perempuan pada pendirian Partai Politik dan  kepengurusan Partai Politik tingkat pusat, diterapkannya sistem proporsional terbuka, pengajuan bakal calon anggota DPR/DPD/DPRD dengan sistem zypper (setiap 3 bakal calon sekurang-kurangnya satu di antaranya adalah bakal calon perempuan), penentuan calon terpilih berdasarkan suara terbanyak.  Sekarang tergantung perempuan itu sendiri untuk  meresponnya.

Hadirnya  perempuan dalam lembaga perwakilan haruslah dapat memberikan manfaat bukan hanya untuk menangani masalahnya sendiri tetapi juga masalah lansia, anak-anak, dan masyarakat pada umumnya, yang rentan terhadap tindak kekerasan dan ketidak adilan melalui peningkatan kualitas legislasi.

Menghapus anggapan bahwa politik itu kotor/buruk dan memahami bahwa  politik bukan sekedar sebagai alat untuk memperoleh kekuasaan tetapi lebih sebagai sarana untuk mensejahterakan masyarakat serta memahami bahwa sektor publik bukan hanya domain laki-laki adalah penting. Sejalan dengan itu perempuan harus meningkatkan kualitas diri baik dari sisi fisik, mental, intelektual, profesionalisme, serta  menjadikan dirinya peka terhadap persoalan masyarakat dan kritis terhadap isu-isu strategis.  Organisasi perempuan sayap, organisasi profesi, dan organisasi masa perempuan seperti GOW diharapkan dapat menjadi tempat perempuan menempa dirinya agar dapat menghadapi tantangan internal maupun eksternal.

MELALUI PILKAOS KPU PERKENALKAN DEMOKRASI

bu wiwik

Penyelenggaraan pemilihan Ketua Osis (PILKAOS) di SMP N 6 Temanggung pada hari Rabu, 28 September 2016 yang diikuti 5 pasangan kandidat Ketua Osis berjalan santai dan meriah. Dalam kegiatan tersebut pihak sekolah menghadirkan KPU sebagai narasumber dengan materi Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia. Dwi Wiwik Handayani, S.Pd dalam ceramahnya menekankan pentingnya demokrasi dalam hidup berbangsa dan bernegara khususnya pada penyelenggaraan Pemilu. Pelaksanaan pemilihan Ketua Osis ini diharapkan menjadi pengalaman berharga Khususnya bagi pemilih pemula sebelum mereka mengikuti penyelenggaraan Pemilu yang sebenarnya. Sedangkan kepada para kandidat dipesankan untuk dapat bersaing secara sehat dengan memberikan gagasan, ide dan program yang akan dilaksanakan setelah terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua Osis nantinya. Pada kesempatan yang sama Anggota Komisioner KPU Devisi Perencenaan dan Data Ir. Agus Istanto BNW juga memberikan materi tentang tahapan pelaksanaan pemungutan suara di Temanggung. Tanya jawab diberikan kepada siswa disela-sela penjelasan yang disampaikannya. Mengakhiri kunjungan tersebut KPU menyerahkan kenang-kenangan berupa buku-buku peraturan mengenai Penyelenggaraan Pemilu untuk dijadikan bahan referensi/bacaan di perpustakaan Sekolah tersebut.

IMG_5564IMG_5547

DALAM RANGKA PERBAIKAN PELAYANAN PUBLIK, KPU TEMANGGUNG KUNJUNGI KPU KABUPATEN KARANGANYAR

P1240269

Kunjungan KPU Kab. Temanggung ke KPU Kab.Karanganyar pada tgl 6 September 2016, diharapkan dapat menambah wawasan tentang pelayanan informasi publik. Kunjungan kerja yang dipimpin Anggota KPU Devisi sosisalisasi ibu wiwik handayani, S.Pdi yang didampingi Kasubag Teknis dan Kasubag Program data ini bertujuan memperoleh informasi tentang pelaksanaan pelayanan informasi pulik dan adanya majalah elektronik (KOBIL) yang telah dilaksanakan oleh KPU Kab.Karanganyar.

Beberapa hal yang penting dalam pelayanan informasi publik yang disampaikan oleh Komisioner KPU dan Sekretaris KPU Kab. Karanganyar ini diantaranya bagaimana cara membuat website yang menarik dan familiar, SOP yang sederhana, pengolah kegiatan SDM pelayanan informasi publik serta bentuk-bentuk sosialisasi keberadaan PPID di KPU Kabupaten..

Dengan adanya peningkatan wawasan ini diharapkan pelayanan informasi publik tentang Pemilu di Kab.Temanggung semakin lebih baik.

P1240281

Peringatan HUT RI ke 71 KPU Temanggung

Rabu, 17 Agustus 2016  tepat  jam. 7.30 , bertempat di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum  Kabupaten Temanggung  telah dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka HUT  ke-71 Kemerdekaan RI. Upacara ini diikuti oleh Komisioner  KPU dan segenap jajaran Skretariat KPU. Dalam Upacara tersebut Sekretaris KPU Drs. Kadaryono Sebagai Inspektur Upacara dan Kasubag Hukum Muhlasin , SHI sebagai Komandan Upacara. Adapun petugas yang lain dari jajaran Staf. Dalam amanatnya Inspektur Upacara membacakan sambutan Bupati Temanggung .

Setelah Upacara selesai dilanjutkan dengan acara tambahan yakni  penyerahan SK penghargaan karyawan dan karyawati berprestasi di lingkungan Sekretariat KPU Kabupaten Temanggung serta penyerahan hadiah lomba dalam rangka menyambut HUT RI ke 71 yang diikuti oleh Komisioner  KPU dan Sekretariat KPU. Selain kegiatan diatas,  KPU juga ikut berpartisipasi dalam karnaval mobil hias Pemerintah Kabupaten Temanggung yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2016  . Dalam karnaval tersebut KPU mengambil tema “ Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Temanggung “ dan sekaligus dimanfaatkan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat temanggung tentang kesiapan KPU Kabupaten Temanggung menyongsong Pemilukada bersama Tahun 2018.

IMG_4826 IMG_4806 IMG_4790

IMG_4920

SEKOLAH DASAR BINA ANAK SHOLEH ( BIAS ) TEMANGGUNG MENGUNJUNGI KPU TEMANGGUNG

IMG_4668IMG_4700

 

RABU, 4 Mei 2016,  KPU Temanggung menerima kunjungan siswa – siswi Sekolah Dasar Bina Anak Sholeh (BIAS) Temanggung. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka pengenalan sejak dini kepada siswa berkaitan dengan Instansi Komisi Pemilihan Umum dan tugas-tugasnya . Sekitar 30 siswa kelas 1 s/d 4 yang didampingi oleh beberapa Guru Pembimbing diterima oleh Komisioner KPU di Ruang Rapat. Dalam sambutanya Ketua KPU Kab. Temanggung Drs. Sujatmiko , MPA memperkenalkan Komisioner KPU Kab. Temanggung dan memberikan gambaran  secara singkat Intitusi KPU. Selanjutnya Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Dwi Wiwik Handayani, S.Pd memberikan penjelasan secara singkat berkaitan dengan tugas KPU dan bagaimana cara pemilih memberikan hak suara dalam Pemilu.

Setelah menerima penjelasan secara singkat Siswa diajak untuk melaksanakan simulasi bagaimana cara mencoblos di TPS. Di Aula KPU Kab. Temanggung dibuat semacam TPS sebagaimana aslinya, Sekretariat KPU sebagai KPPS dan siswa sebagai pemilih. Dalam pelaksanaan simulasi ini dipandu oleh Komisioner KPU  Divisi Pencalonan, Keuangan, Logistik , Rumah Tangga dan Organisasi Arimurti Hendro Wardani, SE.

Melalui kegitan  seperti ini diharapkan akan lebih mempererat  kerjasama KPU dengan dunia pendidikan dalam usaha penyebaran informasi tentang demokrasi dan pemilu sejak dini.

KPU KAB.TEMANGGUNG TERIMA KUNJUNGAN KERJA KPU KAB. BANYUMAS

Dalam rangka persipan pelaksanaan Pemilu Bersama Tahun 2018, KPU Kabupaten Banyumas yeng terdiri dari 2 orang Komisioner KPU, Sekretrais KPU dan  dan 3 orang dari Sekretariat KPU melakukan kunjungan kerja ke KPU Temanggung pada hari kamis tanggal 28 Januari 2016. KPU Kabupaten Temanggung dijadikan tujuan Kunjungan Kerjanya dikarenakan KPU Kabupaten Temanggung telah memiliki pengalaman dalam penyelenggaraan Pemilukada Bersama pada tahun 2013, yakni Pemilu Bupati dan Wakil Bupati serta  Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Adapun informasi yang dijadikan rujukan KPU Kabupaten Banyumas dalam pelaksanaan Pemilukada Bersama Tahun 2018 antara lain :

  1. Penyediaan Anggaran oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung dalam penyelenggaraan Pemilukada bersama melalui Dana Cadangan;
  2. Sharing Anggaran dengan KPU Provindi Jawa Tengah;
  3. Tahapan penyelenggaraan Pilkada Bersama;
  4. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Pemilukada Bersama.

DSCF2106 DSCF2102 DSCF2103 DSCF2105

« Older Entries