KPU KABUPATEN TEMANGGUNG ADAKAN RISET/PENELITIAN PARTISIPASI PEMILIH UNTUK PENYANDANG DISABILITAS

Saat ini KPU Kabupaten Temanggung tengah mengadakan riset/penelitian dengan mengambil judul “ Aksesbilitas dan Partisipasi Pemilih Disabilitas Pada Pemilu 2014 di Kabupaten Temanggung.” Riset/Penelitian tersebut telah dimulai pada awal bulan juni kemarin. Alasan mengapa judul tersebut dipilih pada riset/penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kembali kerja KPU pada Pemilu yang telah dilaksanakan di Kabupaten Temanggung sehubungan dengan pelayanan pemilih khususnya penyandang Disabilitas. Pelaksanaan riset/penelitian ini juga memiliki maksud untuk memberikan gambaran kondisi real di lapangan berkenan dengan hambatan/kendala yang dihadapi para penyandang Disabilitas dalam menggunakan hak pilihnya. Selain hal tersebut, kegiatan ini juga memiliki tujuan memberikan pelayanan kepada para penyandang disabilitas agar hak konstitusional mereka sebagai warga negara dalam berdemokrasi dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dan dapat terwujud secara nyata peningkatan partisipasi para penyandang disabilitas tersebut pada penyelengaraan Pemilihan Umum yang akan datang.

Dalam pencarian sumber data dan informasi, KPU Kabupaten Temanggung melakukan penelitian lapangan dengan metode wawancara langsung kepada narasumber (disabilitas) yang telah di klasifikasikan atas tuna netra, rungu dan wicara, daksa, laras, dan ganda yang tersebar di wilayah Kabupaten Temanggung, tidak terkecuali stakeholder lainnya seperti Dinas Sosial, BBRSBG, PSBN Penganti, Portunis Juga kita mintakan data dan informasi terkait penyandang Disabilitas berkenaan dengan aksesbilitas pemilih Disabilitas dalam Pemilu 2014.

Responden Sugeng (Penyandang Disabilitas Ganda)

Responden Sugeng (Penyandang Disabilitas Ganda) 

Responden Siswanto (Penyandang Disabilitas Laras)

Responden Siswanto (Penyandang Disabilitas Laras)

 

STAF SEKRETARIAT KPU KABUPATEN TEMANGGUNG PEROLEH BEASISWA KULIAH S2 DI UNIVERSITAS GAJAH MADA (UGM) YOGYAKARTA

Dalam rangka peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) bagi peneyelenggara Pemilu khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Sekretariat Jendral KPU RI, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota,  Pada Tahun 2015 KPU RI membuka kesempatan untuk memperoleh biasiswa pendidikan S2 Konsentrasi Tata  Kelola Pemilu yang bekerja sama dengan 9 (Sembilan) Perguruan Tinggi Negeri yaitu Universitas Andalas, Universitas Lampung, UNPAD, UGM, UNAIR, Universitas Nusa Cendana, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Hasanudin dan Universitas Cenderawasih.

Staf Program dan Data Sekretariat KPU Kabupaten Temanggung Sdri. Ani ARifiani Umar, SIP merupakan salah satu diantara yang memperoleh beasiswa tersebut. Kegiatan seleksi (Pendaftaran, Tes  masing-masing Universitas, Tes Wawancara sampai pengumuman penerima biasiswa ) dilaksanakan mulai tanggal 3 Juni s/d 20 Agustus 2015.

Menanggapai keberhasilan salah satu staf Sekretariat KPU yang dinyatakan lulus seleksi, Ketua KPU Kabupaten Temanggung, Drs. Sujatmiko, MPA menyatakan kebanggaanya atas keberhasilan ini. Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi PNS di lingkungan Sekretariat KPU Kabupaten Temanggung untuk mengikuti hal tersebut dengan harapan peningkatan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Sekretarist KPU Kabupaten/Kota .  Sehingga dukungan untuk penyelenggara pemilu di tingkat KPU yang professional, mandiri dan akuntabel akan senantiasa lebih baik.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung juga berpesan agar kesempatan mengikuti pendidikan S2  di UGM untuk dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menuntut ilmu dan mengasah kemampuan berfikir.

KOMISIONER SAKSIKAN PEMILIHAN KETUA OSIS

Kesibukan disela-sela keceriaan siswa SMA PGRI Temanggung hari ini, Rabu, 26 Agustus 2015  sangatlah berbeda dengan kesibukan hari-hari biasanya. Pagi itu para siswa didampingi oleh beberapa guru mengadakan pemilihan ketua OSIS Tahun Pelajaran 2015/2016. Pelaksanaan pemilihan ketua OSIS kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain karena mereka tengah mencoba mempraktikkan cara memilih ketua OSIS seperti layaknya pemilihan kepala daerah juga karena bergabung di tengah-tengah mereka Komisioner KPU Kabupaten Temanggung Ir.Agus Istanto dan Dwi wiwik Handayani, S.Pd.

“Pemilihan Ketua OSIS dengan mempraktikkan tahapan-tahapan kegiatan layaknya pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah dengan perlengkapan bilik suara, kartu suara bergambar calon Ketua OSIS, Papan hitung, beserta semua kelengkapannya ini merupakan hal pertama yang kita lakukan di sekolah ini” begitu ucap Pipit Rosadi ditengah-tengah pelaksanaan pemilihan berlangsung. Guru bagian kesiswaan itu juga menerangkan bahwa kegiatan semacam ini akan dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya sebagai usaha pihak sekolah mengenalkan kepada para peserta didik mengenai tata cara pemilihan secara benar.

Pada kesempatan itu Dwi Wiwik Handayani juga memberikan masukan agar pada tahun-tahun berikutnya tahapan pemilihan Ketua OSIS tidak hanya terfokus pada cara memilih dan menghitung hasil pemungutan suara saja tetapi juga memberikan tantangan yang lebih kepada siswa yang berminat menjadi ketua dengan melewati serangkaian tes/ujian, misalnya dengan memberikan tugas menulis makalah tentang sosok pemimpin (Ketua OSIS) itu sendiri beserta tugas-tugasnya menurut versi masing-masing, menyampaikan visi misi dengan bahasa yang baik dan santun, bahkan bila diperlukan dilaksanakan debat untuk menguji kemampuan masing-masing calon. “Dengan menambahkan beberapa tahapan tersebut secara otomatis banyak pelajaran maupun pengetahuan yang akan diperoleh para siswa, diantaranya mereka dapat belajar menulis makalah secara benar, melatih keberanian berbicara di depan umum dengan tetap mengedepankan etika kesantunan berbahasa, juga berlatih menghargai ketika orang lain berbicara serta menghormati pendapat orang lain dengan menerapkan pola gilir komunikasi. Dengan begitu tidak hanya proses pemilihan yang benar yang kita dapatkan tetapi sosok Ketua OSIS yg memiliki, intelligence, skills dan attitude yang santun pun akan kita peroleh di sini”, begitu tandas Wiwik.

Ketika pihak sekolah meminta Komisioner KPU memberikan beberapa masukan kepada para siswa seusai pelaksanaan pemungutan suara, Ir.Agus Istanto pun menyampaikan beberapa hal berkenaan dengan pelaksaan kegiatan tersebut. Dia juga menyampaikan aturan-aturan yang tidak boleh diabaikan pada pelaksanaan pemungutan maupun perhitungan suara. “Jika kalian saat ini sudah melaksanakan pemungutan suara dengan benar, kalian pun tidak boleh melupakan tata cara perhitungan hasil pencoblosan yang sudah dilaksanakan. Ingat! Selisih satu suara saja dalam perhitungan suara antara daftar hadir dan kartu suara, itu akan berakibat sangat fatal!” begitu Agus menyampaikan dengan penuh semangat. Dia juga meminta kepada siswa yang tidak terpilih untuk berbesar hati menerima kekalahan dan mendukung setiap program yang akan dilakukan Ketua OSIS yang baru, bukan malah menjegal kebijakan serta program kerjanya.

proses penghitungan perolehan suara 2 3 4 5 6

 

KPU KABUPATEN TEMANGGUNG LAKSANAKAN UPACARA 17’AN SEDERHANA DAN KHIDMAT

Dalam memperingati HUT ke 70 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2015 KPU Kabupaten Temanggung menyelenggarakan upacara secara sederhana namun tetap khidmat. Peserta upacara terdiri dari Komisioner dan Karyawan/wati Sekretariat KPU Kabupaten Temanggung.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Sekretaris KPU Kabupaten Temanggung (Drs. Kadaryono) dalam sambutannya selain membacakan naskah sambutan Bupati Temanggung juga menekankan pentingnya peningkatan budaya etos kerja sebagai tindak lanjut atas pencanangan Gerakan Nasional Ayo Kerja pada 70 Tahun Indonesia Merdeka.

Pada kesempatan yang sama sebagai acara tambahan dilaksanakan penyerahan SK Kenaikan Pangkat (Jeni Jayanto S, SE; Nur Rahma Yuliani, SE; Miftah Septiyani, A.Md; Arisya Kurniawati, A.Md) dan Pemberian Penghargaan kepada PNS berprestasi di lingkungan Sekretariat KPU Kabupaten Temanggung Tahun 2015 (Ani Arifiani Umar, S.IP; Setyowati;Helmy, SH).

Sebagai ucapan syukur dan penghargaan setinggi-tingginya atas perjuangan para pahlawan selesai upacara dilaksanakan pemotongan tumpeng dan doa bersama.

Rangkaian Upacara Bendera dalam Rangka HUT RI ke-70

Rangkaian Acara Upacara Bendera dalam Rangka HUT RI ke-70

PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN ANGGOTA KPU PENGGANTI ANTAR WAKTU KABUPATEN TEMANGGUNG

Sesuai dengan Surat Keputusan Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Nomor 02/Kpts/KPU-Prov-012/IV/2015 Tanggal 20 April 2015 secara resmi Saudari Dwi Wiwik Handayani, S.Pd dilantik Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah di Aula KPU Kabupaten Temanggung pada hari Kamis 21 April 2015. Pengucapan sumpah dan pelantikan Anggota KPU Pengganti Antar Waktu Kabupaten Temanggung dihadiri oleh jajaran FKPD Temanggung, SKPD, Pimpinan Partai Politik serta Ketua KPU Kabupaten/Kota se-eks Karesidenan Kedu. Dalam sambutannnya Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Drs.Joko Purnomo menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Saudara Lutfi Arifin, S.Ag atas segala pengabdiannya sebagai anggota KPU Kab Temanggung mulai tahun 2008 sampai dengan 2015 ini dan telah mengundurkan diri karena diterima sebagai PNS. Dan kepada anggota KPU yang baru dilantik Saudari Dwi Wiwik Handayani, S.Pd disampaikan ucapan selamat bekerja. Beliau berpesan agar Komisioner KPU Kabupaten Temanggung tetap menjaga integritas dan soliditas penyelenggara Pemilu meskipun ada penggantian personil. Serta untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu baik Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden , Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilu Bupati dan Wakil Bupati, KPU Kabupaten Temanggung agar berkoordinasi yang baik dengan segenap stakeholders.

Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah (Drs.Joko Purnomo) melantik PAW Komisioner KPU Kabupaten Temanggung

Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah (Drs.Joko Purnomo) melantik Komisioner KPU PAW Kabupaten Temanggung

Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah sedang memberikan sambutan

Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah sedang memberikan sambutan

Hasil Rekapitulasi Suara PPWP Tingkat Kabupaten Temanggung

Berikut ringkasan hasil pleno rekapitulasi tingkat kabupaten temanggung (DB1. Kabupaten Temanggung) hasil rapat pleno Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung tanggal 16 Juli 2014 :

I.  DATA PEMILIH DAN PENGGUNAAN HAK PILIH JUMLAH AKHIR
A. DATA PEMILIH
1. Jumlah pemilih terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) LK 289.537
PR 289.921
JML 579.458
2. Jumlah pemilih terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) LK 390
PR 426
JML 816
3. Pemilih terdaftar dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) LK 275
PR 332
JML 607
4. Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb)/pengguna KTP atau identitas lain atau paspor LK 679
PR 926
JML 1.605
5. Jumlah Pemilih (1+2+3+4) LK 290.881
PR 291.605
JML 582.486
B. PENGGUNA HAK PILIH
1. Pengguna hak pilih dalam DPT LK 237.186
PR 245.606
JML 482.792
2. Pengguna hak pilih dalam (DPTb)/Pemilih dari TPS lain LK 373
PR 396
JML 769
3. Pengguna hak pilih dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) LK 183
PR 259
JML 442
4. Pengguna hak pilih dalam Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb)/pengguna KTP atau identitas lain atau paspor LK 679
PR 926
JML 1.605
5. Jumlah seluruh pengguna Hak Pilih (1+2+3+4) LK 238.421
PR 247.187
JML 485.608
II.  DATA PENGGUNAAN SURAT SUARA JUMLAH AKHIR
1 2 18
1 Jumlah surat suara yang diterima termasuk cadangan 2% (2+3+4) 591.769
2 Jumlah surat suara dikembalikan oleh pemilih karena rusak/keliru coblos 181
3 Jumlah surat suara yang tidak terpakai 105.980
4 Jumlah surat suara yang digunakan 485.608
III. DATA SUARA SAH DAN TIDAK SAH JUMLAH AKHIR
1 2 18
1 Jumlah Suara Sah 476.330
2 Jumlah Suara Tidak Sah 9.278
3 Jumlah Suara Sah dan Tidak Sah 485.608
1 H. Prabowo Subianto – Ir. H.M. Hatta Rajasa 167.212
2 Ir. H. Joko Widodo – Drs. H.M. Jusuf Kalla 309.118
Total 476.330

 

Download dokumen DB1-PPWP-3323-TEMANGGUNG dalam format pdf melalui link berikut.

DB1-PPWP-3323-TEMANGGUNG-PLENO

« Older Entries